PENDAHULUAN
Pernahkah Kita mendengar istilah E-Marketing?
Taukah Kita apa itu E-Marketing? E-Marketing berasal dari dua suku kata yaitu
Electronic dan Marketing. Secara umum E-Marketing adalah bentuk strategi pemasaran
produk baik barang maupun jasa dengan menggunakan media elektronik atau
internet. Markting memang salah satu usaha yang punya banyak cabang seperti
marketing online, bisnis, agribisnis, dropshipper, dan masih banyak lagi.
Banyak orang yang sukses dalam usahanya karena menerapkan cara kerja penjualan
yang benar atau bisa disebut sebagai strategi pemasaran yang jitu.
Sebab itulah E-Marketing sangat diperlukan dalam berbagai bisnis yang
mencakup lapisan konsumen secara luas. Misal saja, seorang pengusaha memiliki
bisnis ternak ayam, lalu bagaimana penggunaan marketing ini? Nah, pengusaha
tersebut bisa sukses dengan menerapkan strategi jitu seperti target pemasaran,
konsumen, dan permainan harga. Bukan hal mudah menerapkan strategi pemasaran
ini, sebab si pengusaha harus punya survei pasar dan target penjualan yang
benar.
Untuk mempermudahkan pengusaha tersebut
melakukan permainan marketing maka dibutuhkan electronic marketing atau memakai
media internet. Cara yang satu ini memang terbilang mudah karena dengan
perkembangan internet memudahkan pengusaha mencari konsumen, mencari harga,
survei pasar, dan survei tingkat kebutuhan konsumen. Pemasaran memakai media
elektronik atau internet memiliki tujuan utama yakni memperluas jaringan pemasarannya,
bisa dibilang memperluas distributor produk melalui jasa pengiriman untuk
produk tertentu.
E-Marketing adalah strategi, sistem dan
proses pemasaran dengen memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi
berbasis internet. Strategi, sistem dan proses tersebut merupakan bagian yang
tidak terpisahkan dari strategi pemasaran konvensional yang diginakan oleh
perusahaan untuk memasarkan produknya.
TEORI
Menurut
Kotler dan Keller (2013)
mengatakan bahwa E-Marketing adalah cara pemasaran yang dilakukan melalui
komputer (dan barang elektonik lainnya seperti laptop, gadget) dengan
menggunakan suatu sarana komunikasi yang bertujuan mengurangi biaya pemasaran
dan meningkatkan keefektifan usaha pemasaran. E-marketing merupakan proses yang
memanfaatkan cyberspace sebagai alat komunikasi untuk melengkapi konvensional.
Menurut American
Marketing Association yang dikutip oleh Kleindl
dan Burrow (2005) marketing adalah proses perencanaan dan pelaksanaan dari
ide atau pemikiran konsep, harga, promosi dan distribusi. Marketing dapat
diartikan lebih sederhana yakni pembangunan dan pemeliharaan hubungan yang
saling memuaskan antara perusahaan dan konsumen. Saat ini marketing telah
berkembang seiring dengan perkembangan teknologi. Aktivitas marketing menjadi
lebih luas dengan adanya internet. Penggunaan internet dan fasilitas yang ada
di dalam internet untuk melakukan aktivitas marketing dikenal sebagai
e-marketing (Kleindl dan Burrow, 2005).
Keuntungan yang dapat diberikan dengan adanya penggunaan E-marketing ini bagi
perusahaan menurut Jamal (1996:18)
yaitu:
- Mampu
menjangkau berbagai konsumen dalam suatu lingkungan yang belum dipenuhi
oleh pesaing.
- Target
adalah konsumen yang telah terbagi ke dalam kelompok dan mengembangkan
dialog berkelanjutan.
- Transaksi
binis secara elektronik dan dengan biaya yang rendah. E-mail dan data
files dapat dipindahkan kepada konsumen yang terpilih atau semua konsumen
dalam hitungan detik.
- Jalur
proses penjualan langsung dari produsen ke pengguna tanpa harus melewati
jalur distribusi klasik.
- Dapat
menambahkan produk untuk dipasarkan secara cepat dan melakukan perubahan
dalam rencana penjualan dengan sangat cepat.
- Dapat
melacak kegiatan penjualan yang sudah terjadi, langkah-langkahnya dan
hasil yang didapat.
- Dapat
mengawasi pesaing.
- Menciptakan
dialog antara perusahaan dengan konsumen.
- Dapat
mendistribusikan program dan informasi tentang produk melalui E-mail atau
file transfer.
ANALISIS
Studi Konseptual E-marketing dan Operasi Terhadap Promosi Perusahaan dan
Memahami Respon Nasabah.
Temuan (review) dalam penelitian ulasan ini
mengungkapkan kelebihan dan isu-isu yang berkaitan dengan masing-masing alat
yang mobile marketing, e-mail pemasaran, pemasaran web dan pemasaran melalui
situs jaringan sosial (SNS). Dengan meninjau berbagai relevan literatu, penelitian
ini dapat disimpulkan bahwa ada banyak alat yang perusahaan dapat menggunakan
untuk mendistribusikan promosi mereka pijat danmenciptakan kesadaran bagi para
pelanggan mereka. Perangkat mobile dan pemasaran melalui ponsel baru dengan
memperkenalkan ponsel pintar telah berubah dan ini perangkat tambahan dalam
teknologi terutama dalam perangkat mobile membawa begitu banyak keuntungan yang
sebagian besar perusahaan telah menggunakan isu apalagi seperti penerimaan dan
adopsi, peran kepercayaan dalam fenomena ini dan pelanggan kepuasan sebagian
besar dibahas dalam literatur yang relevan, juga mengingat masalah ini yangmempelajari
tentang estetika, keindahan dan desain dalam konten ponsel juga tingkat
penelitian yang berkaitan dengan masalah ini masih belum memadai dan masa depan
Penelitian akan berharga (Varnali dan Toker 2010).
E-mail pemasaran menurut literatur adalah
alat yang paling berguna dalam internet dan juga biaya yang paling efektif fenomena
dalam pemasaran elektronik untuk perusahaan dan bisnis. E-mail pemasaran karena
instrumen yang murah, biaya yang efektif dan mayoritas responden menganggap
sebagai unik cara mendistribusikan promosi dan menciptakan nilai bagi pelanggan
perusahaan. Pemasaran melalui web karena beberapa kapasitas sifat fenomena ini
telah menjadi kebutuhan penting dari perusahaan. Sejarah menggunakan opsi ini
akan kembali ke 1994 berbasis literatur (Adam, Bednall et al. 2011). Pemasaran
melalui web dalam hal komersial dan iklan untuk membawa lalu lintas untuk perusahaan dan perusahaan selalu menjadi masalah
penting bahwa halaman web dapat memenuhi kebutuhan pemilik usaha. Dalam hal ini
masalah iklan spanduk dan pop up memainkan peran yang sangat penting untuk
menangkap daya tarik pelanggan online. Sifat iklan banner dan pop up memiliki
diteliti dalam ulama dan juga komponen dari dua aspek ini dalam jangka membawa
informasi kepada pelanggan online telah dipelajari sebelumnya. Weblog, wiki, podcast,
video, gambar atau lain-lain adalah beberapa contoh jaringan sosial, kombinasi teks,
gambar video dan sebagainya semua dan semua dapat membantu perusahaan untuk
meningkatkan produktivitas mereka dan dengan menggunakan opsi yang mampu ini mereka
dapat menciptakan nilai bagi pelanggan mereka. Situs jaringan sosial juga
memfasilitasi hubungan antara perusahaan dan pelanggan dan dengan menggunakan
fenomena ini perusahaan dapat memahami kebutuhan pelanggan mereka dan juga
mengetahui kelemahan dan kekuatan produk di dunia elektronik melalui mulut atau
pelanggan komentar dan ide-ide (Berthon, Pitt et al. 2012).
Menurut literatur banyak perusahaan
menggunakan begitu banyak peralatan untuk menciptakan hubungan dengan pelanggan
apalagi pemahaman yang jenis dan alat yang lebihefektif dapat menjadi faktor
yang sangat penting untuk membantu perusahaan dalammeningkatkan profitabilitas
penjualan mereka dan menggunakan yang jenis dalam strategi pemasaran mereka. Studi
masa depan penelitian ini bisa menjadi menganalisis preferensimasyarakat daerah
atau negara tertentu untuk memiliki pemahaman yang lebih baik tentang persepsi
orang dari daerah tertentu untuk memanfaatkan bisnis elektronik sesuai dengan
preferensi dan selera mereka.
REFERENSI
Tidak ada komentar:
Posting Komentar